cara membuat halaman menu di blogger

cara membuat halaman menu di blogger - laman adalah sebuah halaman statis sebuah situs. Laman biasanya digunakan untuk membuat menu-menu pada blog. Untuk blogger, laman pada sebuah situs biasanya memiliki struktur URL www.blogkita.blogspot.com/p/judul-laman.html

berbeda dengan URL postingan yang memiliki struktur tahun/bulan/judul postingan. Contoh : www.blogkita.blogspot.com/2015/12/judul-artikel-postingan.html. Sebelum anda membuat laman menu untuk blog, silahkan pahami dulu tentang macam-macam menu serta bagaimana cara mudah membuat laman menu.

Macam-macam laman untuk navigasi menu pada blog

Nah, silahkan pelajari dan pahami penjelasan tentang beberapa menu-menu yang biasanya dibuat oleh para blogger.

about me/ about us

menu yang berisi tentang biodata penulis mulai dari nama lengkap penulis, nama panggilan penulis, kontak email penulis, situs lain penulis, akun facebook penulis, akun twitter penulis, google plus penulis, nomor hp penulis, alamat penulis, dsb. Bisa dalam bentuk seperti table atau dapat juga bentuknya cerita.

Contoh halaman about me, klik disini.

Sedangkan jika about us biasanya digunakan untuk situs organisasi, baik perusahaan, badan usaha, lembaga Negara atau pemerintah, dll. Berisi tentang profil suatu organisasi dari situs tersebut. Menu ini salah satu menu yang cukup penting pada blog anda.

contact me/ contact us

berisi form yang dapat diisi oleh pembaca/ user yang mungkin memerlukan hubungan ke blog anda. Secara gambling ‘contact me’ atau ‘contact us’ itu untuk menghubungi sampeyan selaku penulis blog atau organisasi. Menu ini juga harus ada pada blog anda karena sangat penting yang berguna untuk menjalin hubungan baik antara pembaca blog dengan admin supaya dapat berkomunikasi.


Download

Halaman menu laman ‘download’ menurut saya tidak harus ada pada blog anda. Tetapi jika dirasa penting, anda boleh menambahkan menu download ini karena misalnya isi blog anda berisi file-file, kumpulan ebook, kumpulan template, kumpulan script suatu program, dsb.

Contoh menu download klik disini.

Disclaimer

Laman menu ‘disclaimer’ merupakan menu yang sangat penting dan wajib ada pada blog anda. Terutama untuk  blog-blog yang akan didaftarkan ke program google adsense. Menu disclaimer berisi hal-hal yang prinsip mengenai isi konten blog anda sehingga dilindungi oleh mesin pencari.


term of service (tos)

laman tos digunakan sebagai aturan penggunaan kepara pembaca tentang peraturan yang ada pada blog anda. Laman tos sama halnya seperti license agreement. Laman term of service ini cukup penting untuk dipasang pada blog anda jika blognya mau didaftarkan ke google adsense.


privacy policy

menu rivacy policy berisi halaman dokumen hokum yang mana untuk melindungi segala isi konten pada blog anda. Sehingga jika ada yang copas artikel, gambar atau sesuatu yang ada di blog anda maka bias ketahuan dan yang copas blognya akan terancam dihapus oleh pihak google jika dilaporkan.


Laman menu-menu lain misal tukar link, pasang iklan, agenda, dll.

cara membuat halaman menu di blogger

berikut langkah-langkah bagaimana cara membuat halaman menu atau laman menu pada blog anda.

1. masuk ke halaman blogger.com

2. klik menu laman

3. klik laman baru

4. tulis judul laman

5. tulis isi laman

6. tulis deskripsi penelusuran laman

7. klik publikasikan

selesai ….

Mudah bukan? itulah penjelasan singkat tentang macam-macam laman menu dan bagaimana cara membuat menu di blog yang semoga dapat dipahami oleh anda.

jika belum jelas, silahkan baca tentang : panduan lengkap cara membuat laman menu di blogspot.
 
Jika ada hal-hal yang mau ditanyakan silahkan saja jangan sungkan-sungkan. Saya sangat senang berdiskusi dengan anda tentang share ilmu dan pengalaman karena kita sama-sama belajar. Demikian semoga bermanfaat. Salam.

salam sukses!

3 Komentar untuk "cara membuat halaman menu di blogger"

Mas Pendi? Sy sdh bisa buat laman di blog baru sy. Tapi kenapa ya kok gak bisa muncul di tampilannya? Apa ada setting berikutnya?

kalo blm muncul, langkah selanjutnya yaitu tinggal menambahkan widget 'laman' di menu tata letak/ lay out

Silakan tinggalkan komentar atau pesan!

- Dilarang meninggalkan link pada kolom komentar (kecuali diperlukan).
- Dimohon untuk tidak melakukan spam
- Berkomentarlah secara etis
- Mohon maaf apabila kami tidak sempat membalas komentar Anda
- Terimakasih atas komentar Anda yang relevan

Back To Top