Tips Mengelola 10 Blog Untuk Raih Ribuan Dollar Per Bulan | Tutorial Blog & Adsense Pemula

Tips Mengelola 10 Blog Untuk Raih Ribuan Dollar Per Bulan

pendi88.blogspot.com - Tips Mengelola 10 Blog Untuk Raih Ribuan Dollar Per Bulan Pada kesempatan kali ini saya akan sharing tentang rencana/ projek yang akan saya buat dalam bermain adsense.

Sebenarnya cara ini terinspirasi dari tips mengelola 600 blog dari salah satu master blogger dan tips mengelola 15 blog untuk raih ribuan dollar. tetapi jika saya pikir-pikir dan petimbangkan matang2 lagi kalau sampai 15 masih kebanyakan bagi saya, apalagi mengelola blog dalam jumlah yang lebih besar lagi sampai 600 blog.

Menurut saya, untuk saat ini, 600 blog masih terlalu kebanyakan dan bakalan memakan waktu yang sangat lama dan membuat kita sulit untuk fokus (bahkan jika kita tidak siap mental alias dipaksakan bias stesss, hehe).

Kenapa saya bilang akan sulit/ tidak fokus?

Karena disamping saya sebagai guru di SMK Al-Irsyad Tegal yang jumlah beban mengajarnya sampai 48 jam per minggu, maka kemungkinan besar jika mengurus sampai lebih dari 10 blog itu akan membuat tidak fokus.

Karena dengan padatnya beban jam mengajar yang saya peroleh, setiap harinya dari jam 7.00 sampai jam 3.00 pas sholat ashar tidak ada jeda waktu luang untuk ngurusin blog.

Ditambah dengan tugas tambahan sebagai Pembina mading, yang otomatis saya harus memikirkan juga supaya madding di sekolah dapat berjalan dengan baik.

Selain mengajar, di rumah saya juga punya usaha konter hp dan pengetikan yang jika saya hanya fokus di dunia internet saja alias tidak memperdulikan usaha yang sudah saya rintis dan berjalan, maka ini juga membuat kemungkinan-kemungkinan yang tidak baik.

Karena usaha yang sudah berjalan bias sepi pengunjung karena setiap customer datang ke tempat saya selalu tutup. Kan eman-eman…hehehe.

Jadi untuk anda yang juga disibukkan dengan hal-hal lain supaya bias mengatur antara kehidupan dunia maya (walaupun produktif juga) dengan dunia nyata supaya kedua-duanya berjalan seimbang, selaras dan saling melengkapi.

Kita tidak boleh berat sebelah, misalnya hanya fokus ngebloooog saja, ya kurang baik juga… jadi, ngeblog ya iya, dagang dan ngajar juga OKE. Benar begitu?? Hehe.

Berikut adalah projek 10 Blog Untuk Raih Ribuan Dollar yang bisa langsung anda praktekkan.

Buat langsung 10 blog dengan topik berbeda


Baik, langsung saja kita buat eksperimen atau uji coba kecil2an pada 1 akun google kita atau 1 email untuk dibuat 10 blog gratisan dari blogger dalam waktu saat itu juga. Niche/ topic/ tema dari masing-masing blog harus dibedakan. Misalnya:

- blog 1 tentang “tutorial blogger & adsense pemula”
- blog 2 tentang “tutorial facebook”
- blog 3 tentang “tutorial belajar coreldraw”
- blog 4 tentang “tutorial belajar software blender 3d”
- blog 5 tentang “tutorial belajar computer & IT”
- blog 6 tentang “tutorial android”
- blog 7 tentang “rekreasi & wisata alam”
- blog 8 tentang “info harga produk hp, gadget, laptop & IT”
- blog 9 tentang “otomotive”
- blog 10 tentang “berbagi ilmu bisnis percetakan, undangan, download desain gratis”

Atau mungkin anda punya tema/ topic tersendiri. Jadi tidak harus yang saya sebutkan diatas. Monggo, apa keahlian dan mungkin berdasarkan hobi anda saja.

Untuk jumlah blog pun juga tidak ada perintah khusus dari saya harus berapa, kalo anda mampu sampai ratusan blog sekaligus ya silahkan. Sedangkan dalam tips artikel ini saya hanya menerapkan pada 10 blog saja. Miphil laahhh, hehehe….

tentukan template/ theme blog

Untuk theme/ template blog yang akan diaplikasikan ke 10 blog sama tidak masalah, yang terpenting simple, elegan, tidak norak, kecepatan loading tidak lelet, responsive, dan saya sarankan gunakan template dengan 2 kolom saja yang sidebarnya berada di sebelah kanan blog.

Dan usahakan sebelum memasang template yang anda download dan diterapkan pada blog anda, alangkah lebih baik lagi cari yang untuk pemasangan iklan adsense nya dengan letak pemasangan iklan untuk jenis template blog ini yaitu :

- yang bisa dipasang di header dengan ukuran iklan link 728 px
- yang bisa dipasang di bawah judul dengan ukuran 336 px
- yang bisa dipasang di akhir post dengan ukuran 280 px
- yang bisa dipasang di sidebar dengan ukuran 160 px
- yang bisa dipasang sidebar iklan link dengan ukuran 160x90 px

Yang intinya penempatan letak iklan setiap blog maksimal 3 iklan unit dan 2 iklan link. Bagi anda yang sudah diterima google adsensenya, silahkan langsung terapkan metode penempatan iklan seperti yang sudah saya jelaskan di atas.

Dan…. Bagi anda yang baru memulai bermain blog, artinya benar2 baru membuat blog, abaikan dulu untuk langkah penempatan iklan google adsense nya.

Posting, posting dan posting!!

Untuk masalah updatenya harus kita buat terjadwal supaya dari 10 blog yang kita kelola bias benar-benar terurus. update postingan artikel disetiap blog haruslah teratur (walaupun sedikit tapi harus konsisten).

Berikut ini contoh  rencana jadwal update postingan yang akan saya terapkan dari 10 blog yang saya buat.

1. dari 10 blog yang anda kelola, 10 blog tsb dibagi menjadi 3 kelompok untuk memudahan penjadwalah posting artikel setiap harinya. setiap kelompok terdiri dari 3 blog. Ilustrasinya adalah sebagai berikut.

- Kelompok 1 -> blog 1, 2, 3
- Kelompok 2 -> blog 4, 5, 6
- Kelompok 3 -> blog 7, 8, 10

2. update 3 artikel setiap hari untuk 3 blog dalam satu kelompok yang sama. Jadi anda hanya butuh postingan 1 artikel saja untuk 1 blog misalnya hari senin kelompok 1.

Sedangkan hari-hari yang lain untuk membuat postingan artikel blog kelompok 2 dan 3, dst. berikut contoh rencana uji coba/ eksperimen dari jadwal update artikel 10 blog yang kita buat :

Tips Mengelola 10 Blog Untuk Raih Ribuan Dollar Per Bulan
contoh jadwal update posting artikel
Tips Mengelola 10 Blog Untuk Raih Ribuan Dollar Per Bulan

Khusus hari minggu tidak usah alias libur. Kegiatan hari minggu adalah mencari backlink, optimasi seo, share ke media social tapi jangan keterluan (sewajarnya aja). Untuk backlink cukup usahakan 5 backlink perminggu asal yang berkualitas.

Nah, dalam kurun waktu selama 1-3 bulan pertama harus rutin update 3 artikel/ postingan jika ada update pagerank blog, nantinya pagerank blog kita naik.

setelah 3 bulan mungkin anda boleh menurunkan jumlah update postingan untuk per blog nya, dan silahkan lihat hasil serta selalu harus dipantau supaya kita bisa mempelajari dan mengevaluasi kinerja dari 10 blog yang kita dibuat.

Sebenarnya tulisan ini sangat mudah dikerjakan. Tetapi yang menjadi kendala terbesar adalah masalah waktu dan pengetahuan kita tentang niche/ tema blog yang berbeda-beda tersebut.

Untuk latihan mungkin anda bias mempraktekkan secara bertahap, dimulai dari 3 blog dulu, kemudian nanti meningkat menjadi 6 blog dan akhirnya bias 10 atau bahkan lebih dari 10 sampai 600 blog…hehehe.

demikian tips bagaimana cara mendapatkan $1000 per bulan dari google adsense yang mudah-mudahan tips yang saya tulis diatas sekaligus sebagai bahan penyemangat dan motivasi saya tentunya. selamat berkarya, dan semoga ribuan dollat bisa tembus dan sukses dalam sebulan. aamiin... :)
4 Komentar untuk "Tips Mengelola 10 Blog Untuk Raih Ribuan Dollar Per Bulan | Tutorial Blog & Adsense Pemula"

Cerdas sekali strateginya gan. Saya sendiri sedang mencoba mengelola 15 blog meski belum semua terurus tapi mencoba konsisten menulis walau 3 hari sekali u/ setiap blog. Salam

hehe.. biasa aja gan. bisa.., teori lebih mudah ketimbang praktek :D
bagus sekali gan, keep spirit :)

Keren mas,saya baru punya 8 blog sudah dari tahun 2013 , ,masalah nya kmarin saya jarang update karena susah cari pembahasan,baru beberapa bulan terkhir bisa update,ini mau benar benar manage blog, ,kasian udh lama terlantar hehehe ,izin kopas mas..

wah, sayang banget tuh kalo blog tidak diurus. memang untuk menentukan tema itu gampang - gampang susah, hee

Silakan tinggalkan komentar atau pesan!

- Dilarang meninggalkan link pada kolom komentar (kecuali diperlukan).
- Dimohon untuk tidak melakukan spam
- Berkomentarlah secara etis
- Mohon maaf apabila kami tidak sempat membalas komentar Anda
- Terimakasih atas komentar Anda yang relevan

Back To Top