cara mencari inspirasi untuk ide postingan blog yang berkualitas

cara mencari inspirasi untuk ide postingan blog yang berkualitas - banyak blogger pemula yang ketika mau posting artikel itu terasa berat dan bingung. Mau posting apa yaaahhh….?? Ada juga yang berkata, “saya punya banyak ilmu dan keahlian tapi susah nulisnya”.

ada lagi yang menganggap bahwa kegiatan nulis di blog (blogging) itu suatu kegiatan yang tak bernilai (dalam arti, mereka menganggap sebelah mata). Tapi apa yang terjadi? Justru orang-orang yang seperti inilah yang sangat bergantung pada internet. Apa-apa selalu buka internet, kan lucunya tuh disiniii…. :D

postingan blog

ketika kita membuat artikel yang berkualitas kemudian kita publish postingan itu di blog secara tidak langsung kita sudah dianggap sebagai sumber informasi. Itu berarti, blogger adalah sumber informasi.


Jadi, orang-orang yang menganggap remeh para blogger sebenarnya mereka mendustai dirinya sendiri alias munafik. Bagaimana tidak, mereka selalu meremehkan seorang blogger tetapi ketika mereka mencari informasi di internet justru sumbernya adalah artikel di blog.

Yang sering saya dengar dari orang-orang munafik yang menganggap remeh seorang penulis blog, mereka mengatakan hal yang sebenarnya lucu. Misalnya sbb (gak sadar kali yah) :D

“menurut yang saya baca di internet, pendidikan adalah….”

“di internet saya sering membaca, bahwa penyakit ini bisa disembuhkan dengan cara ini” dsb

Lah yang nulis tentang pendidikan, siapa? Yang nulis tetang penyakit dan pengobatan, siapa? Kan seorang penulis… penulis disitu ya bias penulis situs web/ blog yang sama-sama manusia… :D padahal mereka meremehkan penulis blog loooooh….

Baiklah langsung saja berikut metoda saya atau bisa dikatakan tips cara mencari inspirasi untuk ide postingan blog.

#1 gali bakat dan potensi anda

apakah anda seorang montir?

Apakah anda seorang pengusaha?

Apakah anda seorang tukang angon bebek?

Apakah anda seorang bisnisman?

Apakah anda seorang teknisi?

Apakah anda seorang guru?

Apakah anda seorang pesulap atau magicion?

Kok, Tanya-tanya seperti itu siih? Emang apa hubungannya blogger dengan seorang montir? Dengan guru? Dengan tukang angon bebek? Dsb.

Jawabannya adalah ….YA ADA HUBUNGANNYA!!!

Jika anda seorang guru, ya ngeblog tentang guru, tentang pendidikan, gak usah sok nulis di blog yang bukan keahlian atau tidak ada kaitannya dengan anda. Ntar stress sendiri looh… gak paham motor nulis tentang motor :D

Ngeblog sesuai keahlian, bakat, minat, profesi, atau bidang yang digeluti. Sehingga nantinya enak dalam mengurus blog anda. Soalnya kalo blog terbengkalai, yo cita-cita anda mendapatkan uang dari google gak bakal terwujud.


Contohnya saya yang blognya diisi dengan file-file undangan pada www.un2kmoe.blogspot.com karena dikomputer saya banyak file undangan yang saya buat. Daripada mubazir, maka saya share di blog kali aja banyak yang membutuhkan.

Contoh lagi karena saya kebetulan ngajar, maka terkadang file tentang perangkat pembelajaran misalnya rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), silabus, modul-modul dan materi pelajaran, ebook dan buku-buku pelajaran saya share ke blog khusus tentang pendidikan di www.supendi88.blogspot.com

#2 lakukan riset keyword

setelah anda mengetahui bakat dan potensi anda, langkah berikutnya adalah melakukan riset keyword atau riset kata kunci dengan tools gratisan yang bernama keyword planner dari google adword.

untuk ke google adword keyword planner silahkan langsung saja klik halaman : https://adwords.google.co.id/KeywordPlanner

cara mencari ide dan inspirasi postingan blog

lihat dan amati kata kunci mana yang akan anda bahas untuk mendapatkan visitor yang banyak dengan persaingan sedikit.

selengkapnya silahkan baca cara melakukan riset kata kunci di google adword keyword planner disini.

#3 pelajari situs pesaing (situs kompetitor)

yaitu dengan mencoba mengetikkan keyword di google, lalu dengan hasil-hasil penelusuran yang ada silahkan pelajari mengapa dia bisa ada di halaman 1 google. Intip strategi situs lawan anda!

Cara mengintip strategi SEO situs competitor (pesaing kita di google)

Baiklah langsung saja, untuk mengetahui potensi lawan atau kompetitor dari kata kunci yang kita ketikkan di google, cukup lakukan langkah-langkah berikut.

1. Buka web browser internet explorer

postingan blog


2. Buka google, ketikkan kata kunci (keyword) yang akan ditelusuri pada google

postingan blog


3. Buka 1-5 situs yang paling atas di halaman 1 google

4. Pelajari source kode masing-masing situs dengan cara klik menu view – source

postingan blog


5. Maka akan tampil halaman surce code dari situs tersebut dalam bentuk notepad

postingan blog


Lalu, apa yang dipelajari dari situs competitor kita? Simak baik-baik penjelasan point-point dibawah ini.

Dari source kode yang ada di notepad, kita dapat mengetahui rahasia seo dibalik situs pesaing kita. Pertanyaan untuk point2 di situs saingan adalah, APA ADA…????

#1 nama dan judul situs (title)

#2 url halaman postingan

#3 kata kunci di judul postingan

#4 paragraph pertama

#5 kata kunci di deskripsi

#6 kata kunci di isi postingan

#7 H1 dan H2

#8 tebal, miring, garis bawah pada keyword

#9 kata kunci pada footer

Setidaknya point-point diatas yang bisa ada jadikan untuk mengukur strategi lawan dalam search engine optimation atau seo yang diterapkan. Jika situs blog lawan tidak menerapkan salah satu atau beberapa bahkan semua point-point diatas, maka dapat dipastikan andalah yang akan menjadi nomor 1 di google.

Kesimpulan ….

Setelah anda mengetahui bakat, minat, hobi, profesi atau apapun yang anda senangi untuk dijadikan postingan blog dan kemudian telah melakukan riset di google adword menggunakan keyword planner, serta melakukan penelitian tentang situs competitor barulah anda BERAKSI untuk menggenjot membuat postingan-postingan yang fresh, up to date, berbobot, berkualitas, dan bernilai tinggi.


bukan tidak mungkin blog anda akan sangat mudah mengalahkan pesaing anda dan sangat mudah pula untuk menghasilkan uang (tinggal menunggu waktu), baik dari google adsense maupun dari penghasilan-penghasilan yang lain yang nilai finansialnya lumayan besar. Sehingga mesin UANG anda di internet akan tercipta secara otomatis. Aamiin :)

Itulah artikel sederhana bagaimana cara mencariinspirasi ide postingan blog yang berkualitas. Kesimpulannya adalah anda harus banyak melakukan riset, riset, dan riset tentang keyword apa yang mau dibahas. salam.

salam sukses!

Muhammad Supendi
0 Komentar untuk "cara mencari inspirasi untuk ide postingan blog yang berkualitas"

Silakan tinggalkan komentar atau pesan!

- Dilarang meninggalkan link pada kolom komentar (kecuali diperlukan).
- Dimohon untuk tidak melakukan spam
- Berkomentarlah secara etis
- Mohon maaf apabila kami tidak sempat membalas komentar Anda
- Terimakasih atas komentar Anda yang relevan

Back To Top