Cara Membuat Blog Sendiri di Blogger Terbaru

Cara Membuat Blog - hah!! kenapa judul artikelnya cara membuat blog yaahh??? kan, artikel tentang cara membuat blog ini sudah sangat banyak dibahas oleh blogger-blogger yang lain di situs blog yang mereka punya bahkan lebih menarik dan lebih komplit panduannya. tau kenapa??
Cara Membuat Blog

karena ternyata cara membuat blog memiliki rata-rata penelusuran perbulan masih cukup tinggi dan persaingannya masih rendah walaupun nilai rupiahnya artikel ini masih kurang dari seribu rupiah. data ini bisa dilihat dari google adword dengan tools gratisan google yang bernama keyword planner.

bagi anda yang ingin belajar bagaimana cara membuat blog gratis dan mudah di blogspot, pada kesempatan kali ini akan saya kupas habis tentang cara membuat blog yang bernilai tinggi. jika blog yang anda buat bernilai tinggi, nantinya bisa dijadikan mesin penghasil uang.

sebelum kita belajar cara membuat blog, coba anda mikir sejenak apa tujuan utama anda membuat blog yang kemudian akan anda isi dengan artikel-artikel anda? tujuan menulis di blog masing-masing orang tentunya berbeda-beda, misalnya:

1. untuk hobi semata karena seneng nulis artikel
2. untuk mendapatkan uang
3. untuk jual produk secara online

dll.

kalo anda sendiri, tujuan membuat blog untuk apa??
silahkan dijawab sesuai hati nurani masing-masing... hehe.

kalo saya sendiri sih, disamping sebagai hobi juga biar dapet penghasilan... tapi yang lebih penting adalah anda harus seneng dulu, seneng nulis dan seneng blogging. kalo sudah seneng nulis artikel di blog, insya Allah anda bisa membuat konten-konten artikel yang berkualitas dan bernilai tinggi.

bagaimana, anda tertarik?? mari kita simak baik-baik langkah-langkah cara membuat blog di blogger. saya harap anda ikuti step by step mulai dari awal sampai akhir agar blog yang anda buat benar-benar berkualitas.

silahkan baca juga artikel tentang : cara membuat blog yang menghasilkan uang

Cara Menentukan Tema Blog

dalam menentukan tema blog yang akan anda buat, haruslah benar-benar anda ketahui dan kalo bisa temanya harus anda kuasai supaya blog tidak terbengkalai dan tetap terurus dan sukses menghasilkan sesuatu yang berkualitas dan bermanfaat bagi orang banyak.

cara menentukan ide tema blog adalah sebagai berikut:

1. menarik bagi banyak orang

2. menarik bagi diri sendiri

3. memiliki tingkat persaingan rendah

Cara Membuat Blog

langkah #1
buat akun email di gmail

mengapa buat email di gmail? karena gmail bagian dari layanan google. silahkan anda pelajari bagaimana cara membuat email pada tulisan saya secara detail step by step disini : cara membuat email

langkah #2
buka situs www.blogger.com

setelah akun email sudah jadi, langsung saja akses blogger.com untuk masuk ke halaman admin atau dashboard blogspot anda.

langkah #3 
klik new blog atau blog baru

Cara Membuat Blog


langkah #4
tentukan judul blog anda (title blog)


langkah #5
tentukan alamat situs blog anda

usahakan dalam menentukan nama situs, anda harus membuat alamat situs yang singkat saja terdiri dari 2 aau 3 kata saja sehingga akan lebih mudah dikenal dan diingat oleh penngunjung.

langkah #6
pilih template

silahkan anda pilih salah satu template yang tersedia secara default (bawaan) dari blogger yang masih standar. klik salah satu, walaupun nantinya bisa anda ganti dengan template yang lain yang lebih bagus dan sesuai dengan selera anda.

langkah #7
klik "buat blog"
Cara Membuat Blog


selamat! blog anda sudah jadi. untuk memulai menulis artikel (posting) silahkan klik "entri baru" atau simbol pena di sebelah kanan kata google. next ke pelajaran berikutnya, silahkan ikuti dengan baik karena ini sangat penting dan wajib anda pahami.

Cara Menentukan Ide Judul Artikel Postingan Blog

untuk menentukan ide dari sebuah judul postingan pada suatu artikel yang akan anda tulis, tentunya anda harus mempertimbangkan apakah anda kompeten untuk menulis artikel? atau minimal anda pernah mengalami/ berpengalaman dalam hal topik yang akan anda tulis.

setelah anda menentukan tema artikel selanjutnya lakukan penelitian terhadap tema yang akan di tulis. untuk melakukan penelitian, anda cukup gunakan tools geratisan dari google yaitu google adword hanya dengan mengetikan frase tema yang dibahas. google adword (tools keyword planner) ini dapat membantu anda untuk mengetahui secara rinci yang mencakup:

- berapa rata-rata penelusuran perbulan untuk kata kunci (keyword) atau keyword phrase

- bagaimana tingkat persaingan kata kunci di google

- berapa nilai taksiran yang dihasilkan dari kata kunci yang anda rencanakan

contohnya bisa anda lihat dibawah ini untuk kata kunci atau keyword : "cara membuat blog" ini. dari hasil perencanaan di keyword planner didapatkan data bahwa rata-rata penelusuran tiap bulan untuk kata kunci "cara membuat blog" ini sebanyak 110.000. dan memiliki persaingan yang masih rendah walaupun nilai iklannya hanya dibawah 1.000 rupiah saja.

keyword planner


Cara Menulis di Blog

berikut ini panduan cara menulis di blog supaya tulisan anda bisa berguna bagi orang banyak dengan perencanaan di keyword planner agar tulisan yang dibuat kemungkinan besar bisa masuk halaman pertama google. minimal ya bisa terindeks di google dengan kata kunci yang diinginkan.

1. tentukan tema yang akan dibahas pada blog anda

disini saya contohkan, misalnya saja saya menetukan tema postingan "cara membuat blog"

2. masuk ke google adword untuk merencanakan kata kunci dengan keyword planner

sebelumnya anda harus login ke akun google anda, kemudian silahkan langsung saja klik : https://adwords.google.co.id/KeywordPlanner

perencana ide kata kunci

klik "masuk ke adword"

3. masukkan kata kunci yang diinginkan

tentukan cakupan wilayah dan bahasa apa yang ada di blog kita untuk sasarannya. kemudian klik "telusuri kata kunci baru dengan menggunakan frase bla bla bla..."

ide tema postingan artikel blog


4. klik "dapatkan ide"
google adword keyword planner


5. klik "ide kata kunci"
google adword keyword planner


6. lakukan riset kata kunci (keyword)
google adword keyword planner

dari kata kunci yang akan dibahas/ ditulis ke dalam sebuah artikel, silahkan anda pilah-pilah mana kata kunci yang bernilai tinggi dan memiliki rata-rata penelusuran paling banyak dan tingkat persaingannya rendah. jangan memilih kata kuncif (keyword) yang tingkat persaingannya tinggi, karena akan merepotkan anda sendiri nantinya.

setelah mantap dengan kata kunci pilihan anda, sekarang langsung saja anda copas kata kunci tsb untuk dijadikan judul postingan artikel anda. so, menentukan ide postingan untuk menulis di blog sangat mudah bukan??

supaya artikel yang anda tulis bisa langsung masuk di halaman 1 google, silahkan baca trik SEO (search engine optimation) pada 2 buah artikel ini :

Cara posting di blog paling efektif masuk halaman 1 google


Trik seo jitu langsung masuk halaman 1 google

Nah, ini DIAAAA.....!!!!

sengaja pada postingan ini saya buat tidak biasa alias terbalik struktur sub-sub yang dibahasnya. kalo artikel pada blog lain umumnya pengertian blog ditaruh diawal, saya menyusunnya dengan menaruh pengetahuan yang bersifat teori tersebut pada bagian akhir, hehe.


ternyata BLOGGER bukanlah milik GOOGLE

baru tahu apa sudah tahu?? bahwa dulunya Blogger bukanlah milik google, tetapi milik Pyra Labs yang mulai dikenalkan pada tanggal 23 Agustus 1999 dengan namanya yang sampai sekarang dikenal oleh masyarakat dengan blogger.com.

pendiri Pyra Labs adalah Evan Williams ditemani rivalnya Meg Hourihan. perusahaan Pyra Labs waktu itu kehabisan dana dan beberapa staf bekerja disitu tanpa gaji dalam waktu beberapa minggu, bahkan beberapa bulan. akhirnya karyawan Pyra Labs mundur bersama-sama dengan pendirinya.

sejak kapan Blogger.com milik Google.com ??
 

pada tahun 2003, akhirnya blogger.com diambil alih oleh perusahaan raksasa google.com. seluruh karyawan Pyra Labs yang ada saat itu ditarik masuk ke dalam perusahaan google termasuk Evan Williams. dan pada akhirnya Evan Williams keluar dari google dan dia mendirikan perusahaan sendiri dengan nama twitter.


setelah anda mengetahui tentang cara membuat blog, alangkah baiknya anda mengenal apa itu yang dinamakan dengan blog? supaya anda sedikit paham tentang blog. jangan sampai anda belajar membuat blog tetapi tidak paham arti dari blog itu sendiri, hehe.

Sebenarnya, Apa Sih Blog Itu ???

menurut om wikipedia, blog adalah singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi situs web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian.

secara sederhana, blog itu ya sama seperti website. situs web yang berisi informasi baik itu sifatnya berita, materi pembelajaran, media promosi online, download produk, dan memberikan isi atau konten yang bersifat tutorial-tutorial, dll.

situs web seperti blog ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut baik melalui search engine dengan menggunakan kata kunci (keyword) dan keyword phrase (kalimat) maupun diakses secara langsung melalui adress bar.

Mengapa Harus Punya Blog ???

Mengapa??? banyak alasan yang bisa memberikan semangat dan motivasi untuk kita bahwa sebenarnya nge-blog itu memiliki efek yang luar biasa baik untuk profit (keuntungan secara finansial) maupun untuk ibadah dan berbagi ilmu kepada masyarakat luas di seluruh dunia.

silahkan baca artikel ini juga untuk mengetahui PENTINGNYA kita ngeblog dan juga memberikan kita motivasi dan semangat ngeblog yang luar biasa : 7 alasan yang membuat ngeblog jadi lebih bersemangat

demikian semoga artikel sederhana cara membuat blog ini bermanfaat. jika ada pertanyaan silahkan jangan sungkan untuk menanyakan kepada saya. selagi pertanyaannya relevan dan saya bisa, insya Allah akan saya jawab dengan senang hati.

langkah awal menjadikan BLOG mesin UANG

setelah anda membuat blog, melakukan optimasi blog baik secara on page atau off page, melakukan promosi di media sosial seperti fb, menulis artikel yang berkualitas... kini saatnya anda ke step awal yaitu memunculkan menu PENGHASILAN di dashboard blog. silahkan baca : cara memunculkan tab earning atau penghasilan di blog

salam sukses!

Muhammad Supendi
4 Komentar untuk "Cara Membuat Blog Sendiri di Blogger Terbaru"

masih harus banyak belajar pak... hehe

tanks infonya gan mampir jga ke blog saya
http://pengenalandasarpemogramanwebsite.blogspot.co.id/2016/07/panduan-dasarcara-menampilkan-halaman.html

ya mas bro, lanjutkan... thnks yooo...

Silakan tinggalkan komentar atau pesan!

- Dilarang meninggalkan link pada kolom komentar (kecuali diperlukan).
- Dimohon untuk tidak melakukan spam
- Berkomentarlah secara etis
- Mohon maaf apabila kami tidak sempat membalas komentar Anda
- Terimakasih atas komentar Anda yang relevan

Back To Top