cara membuat blog di blogger untuk pemula yang baru belajar

cara membuat blog di blogger untuk pemula yang baru belajar - membuat blog di blogspot gratis bagi orang yang baru mau belajar memang dibutuhkan suatu niat yang kuat untuk terus belajar dan berkembang. Tidak hanya ingin cukup tahu saja! lalu, bagaimana cara membuat blog? silahkan simak.

cara membuat blog gratis
 
kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat blog gratis di blogger untuk pemula yang baru belajar. Oleh sebab itu, saya akan membahas terlebih dulu tentang menu dasar blogger karena banyak blogger pemula yang masih bingung tentang menu-menu yang ada diblogger.
Nah, bagi seorang yang baru akan terjun dalam dunia per-blogger-an…, sebelum praktek membuat blog alangkah lebih baik jika anda mempelajari dan memahami dulu tentang menu-menu dasar pada blogger.

memahami menu-menu dasar blogger
blogger.com yang lebih dikenal oleh masyarakat blogspot adalah layanan membuat blog gratis milik google yang menurut saya sangat mudah digunakan oleh orang yang baru belajar asal sudah paham tentang dasar-dasar internet.
sampai saat ini, masih banyak para blogger pemula yang tetap saja merasa kesulitan. banyak blogger yang ketika mereka sudah membuat blog, kemudian bingung blognya mau diapakan. terus saya jawab, ya buat dong tulisan atau postingan.
“Pak, gimana yah cara membuat blog di blogger ? bingung pak… :( “
Pertanyaan ini berasal dari siswa-siswaku baik kelas kelas X maupun yang sudah kelas XI. Padahal sudah saya ajari step by step nya dengan suatu lantang dan berteriak-teriak, tetapi tetap saja masih Tanya dan Tanya. Mungkin karena mereka tidak focus kali yah… maklum lah.
Untuk hal ini, bisa baca postingan tentang panduan cara membuat blog
“mas, saya udah bikin blog….terus gimana lagi?”
jawaban dari pertanyaan diatas, silahkan lakukan urutan langkah-langkahnya dibawah ini:
- cara memunculkan deskripsi penelusuran ( baca : cara memunculkan deskripsi penelusuran pada postingan blog )
- cara mengganti template ( baca : Cara Ganti Template Blog SEO Responsive )
- cara memunculkan menu earning atau penghasilan ( baca : cara memunculkan tab earning atau penghasilan di blog )
- cara membuat favicon blog (baca: cara mudah membuat favicon blog tanpa software )
- cara membuat TOS untuk blog ( baca: cara membuat tos (term of service) untuk blog )
“pak, gimana sih caranya menulis artikel di blog?
Pertanyaan ini sering ditanyakan oleh siswa saya, “pak gimana cara posting artikel?” untuk cara menulis di blog sudah sering saya bahas. silahkan buka salah satu artikel yang saya tentang cara menulis di blog.
Berkaitan dengan ini, saya punya tips bagaimana cara menulis artikel yang bisa anda baca lewat 3 jurus pamungkas yang saya terapkan. dan pastinya akan membawa anda ke pintu gerbang kesuksesan mendapatkan penghasilan GOOGLE ADSENSE.
3 JURUS MENULIS POSTINGAN BLOG

#1. Buat artikel yang berkualitas

#2. Buat artikel yang baik dan benar

#3. Buat artikel yang disukai google
 
berbeda dengan orang yang baru belajar internet apalagi gaptek, terkadang googling dan internetan saja masih bingung. bagaimana mau langsung paham tentang blogging, tentunya yang namanya pemula karena baru belajar internet maka ngeblog akan tetap sulit meskipun sebenarnya mudah.

dari kasus tersebut saya mencoba menuliskan postingan ini yaitu tentang penjelasan dasar pada menu-menu yang ada di blogger.

menu-menu pada blogger ini sangat penting untuk dipahami supaya dapat memudahkan anda dalam mengurus blog mulai dari memposting, mempromosikan, melihat statistic blog, mengatur bahasa, memotize blog (meng-uang-kan blog anda), mengganti template, dll.
menu-menu dasar pada dashboard blogger
silakan login saja ke blogger.com dan masuk ke dashboard blog anda. setelah itu anda akan disajikan menu-menu yang kurang lebih seperti ini:

cara membuat blog


di bawah ini adalah penjelasan lengkap tentang menu-menu di dashboard blogger tersebut:

entri baru

menu ini digunakan untuk membuat postingan atau artikel baru di blog anda. cara membuat artikel seo langsung masuk halaman 1 google. ikuti caranya disini

Baca juga :

ikhtisar
pada menu ikhtisar ini anda dapat melihat statistik secara ringkas pada blog anda seperti misalnya jumlah pengunjung/ visitor, jumlah postingan/ artikel, jumlah komentar yang masuk di blog anda, jumlah pengikut blog/ followers, sumber penelusuran blog anda, dll.

cara membuat blog

pos
menu untuk menampilkan daftar semua artikel/ postingan yang anda tulis di blog anda. Daftar postingan bisa dikategorikan dan dikumpulkan dalam tiap label yang sama dengan jumlah tampilan sesuai keinginan.
cara membuat blog gratis

laman
menu untuk membuat dan menampilkan semua daftar halaman statis atau halaman yang dibuat untuk menu yang ada di blog anda. Misalnya halaman home, about me, privacy policy, download, disclaimer, sitemap/ daftar isi postingan yang bisa anda buat sendiri dengan mudah.

cara membuat blog gratis

untuk penjelasan tentang halaman statis silakan baca: cara membuat halaman menu di blogger.

komentar

menu komentar berfungsi untuk menampilkan semua daftar komentar pembaca dan admin yang masuk ke blog anda. Biasanya yang tampil pada menu komentar adalah para pembaca dengan profil blogger bukan menggunakan profil google plus.

cara membuat blog gratis

google+
 
menu untuk menghubungkan atau mengaitkan blog anda dengan profil google+ sehingga dapat dibagikan atau dishare ke pengguna jejaring social secara otomatis terutama dengan google plus yang teritegrasi (satu kesatuan) didukung oleh google (wong miliknya google, hehe).

cara membuat blog gratis

google plus adalah suatu situs jejaring social  atau situs media social yang dianggap sebagai saingan facebook. Ketika anda mendaftar untuk mendapatkan akun google, otomatis anda akan mempunyai akun google plus juga karena google plus sudah include sebagai layanan gratis google sama seperti halnya blogger, google adsense, google adwords, google map google, dll. translate,

statistik
menu statistic digunakan untuk menampilkan bagan statistik atau data lengkap blog anda seperti jumlah pengunjung, jumlah tayangan laman, negara asal pengunjung, web browser pengunjung, sumber pengunjung, search engine yang dipake pengunjung, gadget yang digunakan dan lain sebagainnya.

cara membuat blog gratis

kampanye
 
menu kampanye (campaign) ini khusus buat anda yang ingin mempromosikan/ membuat iklan blog anda melalui google adwords (berbayar). Jadi kalo buat blogger pemula gak usah lah yah. Tapi ada tools gratisan namanya keyword planner itu bisa dipake untuk riset kata kunci.

cara membuat blog gratis

tata letak
 
menu tata letak di sini adalah tempat anda mengatur tata letak atau posisi widget blog anda dan juga tempat untuk memasang widget blog baru seperti widget artikel populer, atau widget pengikut, google plus, follow by email, dll.
cara membuat blog gratis

Nah, bagaimana sih cara memasang widget baru di blog? Silah anda baca postingan tentang tutorial pasang widget blog

template
menu template di sini adalah tempat untuk mengganti, memodifikasi, mengubah, mendesain template atau theme/ tampilan blog anda. Untuk blog yang baru dibuat, itu masih menggunakan template standar bawaan blogger. Ada banyak jenis template gratis yang tersedia di interent, anda tinggal download saja sesuai selera. Misalnya template sang seo, evo magz, brosense, dll.

cara membuat blog gratis

Jika anda ingin mengganti template karena tampilannya kurang bagus, bosan atau kurang cerah dan lain hal, anda dapat mengganti template sesuai template atau theme favorit kita. Bagaimana cara mengganti template? Silahkan baca : cara mudah mengganti template seo responsive

Setelan (setting/ pengaturan)
menu setelan merupakan menu tempat pengaturan blog anda. Menu setelan ini digunakan untuk mengganti judul dan deskripsi blog, mengganti url situs blog/ alamat blog/ nama blog, atau mengganti bahasa pemformatan blog, mengaktifkan deskripsi penelusuran, dll.

cara membuat blog gratis

Ada beberapa pengaturan yang harus dan wajib anda ubah ketika baru membuat blog pada menu ‘setelan’ ini. Sekali lagi wajib anda utak atik karena ini hal pentng yang berkaitan dengan SEO (search engine optimation) yaitu : pengaturan bahasa dan deskripsi penelusuran blog.

earning atau penghasilan
kalo baru buat blog, menu earning atau penghasilan ini tidak ditampilkan untuk blog-blog berbahasa indonesia. menu penghasilan adalah menu yang digunakan para blogger untuk mendapatkan uang dengan google adsense sesuai dengan kebijakan google.

cara membuat blog gratis

Kok di blogger saya gak ada menu “earning” atau “penghasilan” sih?

Jangan khawatir, bagi anda yang belum ada menu penghasilan atau earning untuk memunculkannya anda cukup melakukan langkah pada postingan yang saya tulis disini.

begitulah penjelasan singkat tentang menu-menu dasar pada blogger yang dapat saya tulis di blog ini yang mudah-mudahan bermanfaat untuk anda yang sedang belajar ngeblog.


Demikianlah, penjelasan tentang menu-menu dasar yang ada di blogger. Jika ada yang masih bingung silahkan tanyakan saja jangan sungkan-sungkan, insya Allah akan saya jawab dengan senang hati. Salam.

Salam sukses!

Muhammad Supendi
1 Komentar untuk "cara membuat blog di blogger untuk pemula yang baru belajar"

Ilmu ini sangat bermanfaat bagi saya yang masih pemula, terimakasih dengan membaca postingan ini jadi tambah wawasanku ttg dunia blog.

Silakan tinggalkan komentar atau pesan!

- Dilarang meninggalkan link pada kolom komentar (kecuali diperlukan).
- Dimohon untuk tidak melakukan spam
- Berkomentarlah secara etis
- Mohon maaf apabila kami tidak sempat membalas komentar Anda
- Terimakasih atas komentar Anda yang relevan

Back To Top